Family oriented and education oriented

Rabu, 25 Desember 2013

Be Smart Muslimah

07.54 Posted by Harna Nawir 2 comments
Mengapa muslimah harus cerdas? Letak urgensinya dimana? dan Apa perlu muslimah itu harus cerdas? 
Wanita adalah makhluk mulia dan dimuliakan. Merupakan tolak ukur kesuksesan seorang pria. Bukakah ada pepatah bijak mengatakan, "DIbalik kesuksesan laki-laki, ada wanita hebat". Nah, dari situ bisa ditarik kesimpulan bahwa wanita itu perlu menjadi cerdas untuk mencerdaskan orang lain. 

Sejak dturunkannya Islam, wanita diangkat derajatnya dan di zaman Rasulullah telah lahir wanita-wanita cerdas dan patut dijadikan teladan bagi wanita zaman sekarang. Misalnya, Aisyah ra. yang merupakan istri Rasulullah SAW, jarang yang tau bahwa beliau sangat pandai dalam bidang kedokteran, pandai meriwayatkan hadits, serta ahli dalam ilmu perbintangan. Sebut pula nama Ummu Kalsum binti Ali bin Abi Thalib, beliau adalah bidan muslimah. Dan tak lupa pula nama  Asy-Syifa' binti abdullah, beliau mendapat gelar "Guru wanita pertama dalam Islam", bahkan istri-istri Rasulullah banyak yang berguru pada beliau. 

Dari dulu telah banyak muslimah-muslimah cerdas yang patut dijadikan contoh dalam kehidupan kita. Mereka menorehkan karya dan bermanfaat bagi banyak orang tanpa melupakan kodrat mereka sebagai seorang wanita. Banyak yang berpendapat "Buat apa sekolah tinggi-tinggi, toh ujung-ujungnya kita akan tetap menjadi seorang ibu rumah tangga".. 
Jangan salah, menjadi seorang ibu rumah tangga itu tidak mudah. Butuh pendidikan untuk melahirkan dan memesarkan generasi yang cerdas, kelak anak kita akan terdidik dengan bekal pendidikan kita. Hanya wanita cerdas yang mampu mencetak generasi cerdas dan mencerdaskan. Menjadi muslimah yang berpengaruh, pergaulannya luas, berprestasi, berkarya, terus menggali wawasan. Jadikan semua itu sebagai bekal untuk mendidik anak-anak kita kelak. 
Jika masih bisa mengecap pendidikan, lalu kenapa berhenti? Sudah terbukti urgensi menjadi muslimah cerdas. Memiliki harapan yang tinggi untuk masa depan. Seharusnya kita dengan mudah memperluas wawasan kita dengan banyak membaca, kemajuan teknologi merupakan fasilitas yang sangat memudahkan kita. Manfaatkan semua itu, hauslah akan ilmu, jangan pernah puas dengan setetes ilmu saja. 
Cerdaskan otakmu, asah logikamu dan percantik akhlakmu. Be Smart Muslimah!!!

Kenanglah nama-nama pahlawan kemerdekaan yang hingga kini masih terkenang indah di hati rakyat : Cut Nyak Dien, Laksamana Malahayati, Cut Meutie, Pocut Baren, bahkan tengku Fakinah, yang selain merupakan pejuang kemerdekaan, ternyata beliau juga seorang ulama wanita. 
Jadilah muslimah, yang meski raganya mati namun namanya masih harum dan  masih meninggalkan jejak karya yang bermanfaat bagi orang banyak. 

2 komentar:

  1. tingkatkan jam terbang dan banyakin referensi..
    kanan, kiri, depan, belakang, atas, bawah. semua lini sumber dan kran ilmu.. dipelajari...
    seperti kata penulis-penulis hebat...
    "cara menjadi penulis hebat dimulai dari menjadi pembaca yang hebat"

    BalasHapus
  2. Syukron masukannya kakak.. InsyaAllah :)

    BalasHapus