Family oriented and education oriented

Sabtu, 20 Agustus 2016

Manfaat Menjaga Pandangan Mata

06.15 Posted by Harna Nawir No comments
www.google.com

Menjaga pandangan mata dapat menyelamatkan hati dari sakitnya penyesalan, sebab orang yang melepaskan pandangannya akan merasakan sesal yang dalam. Satu hal yang paling membahayakan hati adalah pandangan yang terlalu liar, sebab ia bisa mendatangkan hasrat yang berlebihan, sementara pelakunya tak punya kesabaran dan tak sanggup meraihnya. inilah bentuk rasa sakit dan pedih yang dialami pelakunya. 

Tatkala kulepaskan pandangan matamu, ia akan menjadi pemimpin
bagi hatimu, dan seluruh pemandangan akan membuatmu lelah
dapat kau lihat semua hal yang tak mampu kau wujudkan
semua atau kau tak bisa bersabar meski untuk sebagian dirinya

Apa yang dilakukan pandangan terhadap hati sama dengan apa yang dilakukan panah terhadap sasarannya. Jika pun tidka membunuh, ia dapat melukai. ia juga bak percikan api yang menyambar tumpukan jerami kering. Kendati tak semua terbakar, sebagiannya pasti hangus.

Semua kejadian berpangkal dari pandangan
api itu kebanyakan bersumber dari percikan kecil
berapa banyak pandangan yang merusak hati pemilikya
seperti anak panah yang dapat membinasakan walau tanpa busur dan tali
selama seseorang memiliki mata yang bisa ia bolak-balik
dalam melihat hal indah yang mengandung bahaya
bola matanya akan cerita tetapi jiwanya terancam bahaya
tak ada kata 'selamat datang' untuk kebahagiaan yang datang dengan membawa petaka.

Manfaat menjaga pandangan mata, yaitu:
  1. Menjaga pandangan juga dapat menjamin kebenaran firasat, sebab firasat adalah cahaya dan buahnya. Jika hati terang bercahaya, firasat akan selalu benar. Hati laksana cermin yang menampakkan semua kebenaran data tentang sebuah objek, sedangkan pandangan adalah seperti hembusan nafas di muka cermin. Jika seseorang mengumbar pandangannya, ia bagaikan menghembuskan nafasnya di cermin hatinya sehingga cahaya hati itu buram dan memudar.
  2. Manfaat lainnya, menjaga pandangan dapat menjadi jalan dan pintu ilmu. Ia akan mempermudah seseorang untuk mendapatkan ilmu, sebab cahaya hatinya selalu terang menyala. Menjaga pandangan dapat mendatangkan kekuatan hati, keteguhan dan keberanian. 
  3. Dapat membuat hati menjadi tenang, bahagia dan laapang dada. 
  4. Menjaga pandangan juga dapat menyelamatkan hati dari belenggu syahwat. Orang yang tertawan sesungguhnya adalah orang yang terbelenggu oleh hawa nafsunya sendiri.
  5. Menjaga pandangan dapat menutup salah satu pintu neraka jahannam. sebab pandangan merupakan pintu syahwat yang mendorong seseorang untuk berzina
  6. Dapat menguatkan dan mengukuhkan akal. Pandangan liar hanya akan membuat akal tumpul dan lemah. ia tak mampu menyadari segala akibat, sebab fungsi akal sebenarnya adalah mengamati dan menimbang-nimbang segala akibat.
  7. Dapat membersihkan hati dari dampak syahwat yang memabukkan, sebab pandangan liar pasti akan membuat seseorang lupa kepada Allah dan hari akhir. 
  8. Sebagai bentuk dari ketaatan terhadap perintah Alah. Takkan ada yag bahagia kecuali yang dapat melaksanakan perintahNya. Tidaklan seseorang menderita kecuali karena telah melanggar perintahNya.
  9. Dapat melembutkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah dan sebaliknya.
  10. Dapat mendatangkan cahaya bagi hati. Jika hati tersinari, segala kebaikan akan berbondong-bondong mendatangi. Oleh karena itu, setelah firmanNya yang berbunyi, "katakanlah kepada lelaki yang berima, 'Hendaklah mereka menahan pandangannya...' Allah menlajutkannya dengan, 'Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar." (QS.An-Nur:35).
  11. Menjaga pandangan dapat memfokuskan hati untuk terus tafakkur dan beribadah. sebaliknya, mengumbar pandangan dapat membuat hati lalai dan mengikuti hawa nafsu.
Sumber : (Bekal Pernikahan, Syaikh Mahmud Al-Mashri)

0 komentar:

Posting Komentar