Family oriented and education oriented

Kamis, 14 November 2013

Adab Berbicara Part II

05.34 Posted by Harna Nawir No comments
11. Jangan Mencela Masa
         Mungkin tidak asing lagi buat kita kata "I Hate Monday", seorang mukmin janganlah mengatakan hal demikian, masa itu, hari, bulan dan tahun.

12. Bila menjelaskan sesuatu pada orang lain maka ulanglah 3 kali
     "Dan apabila berbicara biasanya beliau mengulanginya hingga tiga kali." (HR.Bukhari : 644)

13. Jangan mencaci orang yang sudah mati
     "Janganlah kalian mencela orang-orang yang telah wafat, karena sesungguhnya mereka telah menyelesaikan amal perbuatan yang telah mereka lakukan." (HR. Bukhari )

14. Berbicaralah selalu hanya kebaikan
     Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, maksudnya adalah bersedekahlah walau hanya dengan sebiji kurma dan semoga dengan sebab sedekah itu kita dijauhkan dari api neraka.

15. Jauhilah berkata 'Seandainya'
      Dai Au Hurairah dan sampai kepada Nabi SAW, Beliau bersabda "Seorang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada seorag mukmin yang lemah, dan dalam masing-masing keduanya. Bersungguh-sungguhlah terhadap suatu yang bermanfaat bagimu dan janagan lemah semangat. Jika suatu perkara mengalahkanmu maka katakanlah. 'Ketentuan Allah telah ditetapkan dan suatu yang telah Dia kehendaki maka akan terjadi. Dan jauhilah olehmu dari ucapan 'Seandainya', karena sesungguhnya ungkapan 'seandainya' membuka peluang masuknya setan (untuk menggoda)." (HR.Ibnu Majah : 4168).

16. Jangan berbisik-bisik sedang teman yang lain tidak mengetahui
     "Jika kalian bertiga maka janganlah dua orang dari kalian berbisik-bisik tanpa menyertakan teman yang lain karena hal itu dapat membuatnya sedih." (HR.Darimi)

17. Penuhilah janji
     "Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya." (QS.Al-Isra :34)

18. Larangan berkata keji, jorok, mencela, mengutuk
      "Orang-orang mukmin bukanlah orang yang suka mencela, mengutuk, berbuat kei dan berkata jorok." (HR.Thirmidzi)

19. Larangan berbicara yang dibuat-buat
       "Sesungguhnya Allah membenci orang yag berlagak fasih, yaitu orang yang memutar-mutar lidahnya (berbicara dibuat-buat secara berlebihan) seperti sapi memutar-mutar lidahnya.(HR.Abu Daud :5005)

20. Larangan mengatakan "Jika Allah menghendaki dan fulan mengehndaki"
     "Janganlah kalian mengataka 'Jika Allah menghendaki, lalu fulan mengehndaki, namun katakanlah 'Jika Allah menghendaki, lalu fulan menghendaki." (HR.Bukhari : 6338).   

0 komentar:

Posting Komentar