Family oriented and education oriented

Rabu, 13 November 2013

Adab Berbicara Part 1

07.11 Posted by Harna Nawir No comments
1. Berkata Jujur
           Rasulullah SAW bersabda "Kalian harus berkata jujur, karena kejujuran itu akan membimbing pada kebaikan. Dan kebaikan itu akan membimbing kesurga. Seseorang yang senantiasa berlaku jujur dan memlihara kejujurannya, maka ia akan dicatat sebagai orang yang jujur di sisi Allah. Dan hindarilah dusta, karena kedustaan itu akan menggirng kepada kejahatan dan kejahatan itu akan menjerumuskan ke neraka. Seseorang yang Senantiasa berdusta dan memelihara kedustaannya, maka ia akan dicatat sebagai pendusta di sisi Allah" (HR.Muslim: 2607).

2. Sederhanalah dalam berbicara
      Jangan berlebih-lebihan dalam berbicara, jangan menambah-nambah dan jangan mengurang-ngurangi tapi berbicaralah apa adanya dan secukupnya.

3. Berbicaralah dengan lembut dan jauh dari tipu daya
      "Tidak akan masuk surga seorang Al-Jawwazh (Penipu), Al-Ja'zhari (Orang yang sombong dan kasar tutur katanya" (HR.Musnad Ahmad :17308)

4. Jangan berkata keji, melaknat dan mencela
      Dari Anas dia berkata " Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah berkata keji, melaknat dan mencela" (HR.Bukhari :6046)

5. Jangan Sembarangan menuduh orang lain
      "Tidaklah seseorang melempar tuduhan kepada orang ain dengan kefasikan dan tidak pula menuduh dengan kekufuran melainkan (tuduhan itu) akan kembali kepadanya, jika saudaranya tidak seperti itu" (HR.Bukhari : 6045)

6. Jangan Mengadu domba
     "Tidak aka masuk surga orang yang suka mengadu domba." (Shahih Bukhari : 6056)

7. Jangan berkata Kotor
     "Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan kotor, melakukan hal itu dan masa bodoh, maka Allah tidak butuh (amalannya) meskipun dia meninggalkan makanan dan minumannya (puasa)" (HR.Bukhari: 6057)

8. Tidak baik memuji orang lain terlalu berlebihan
      Nabi SAW pernah mendengar seseorang memuji orang lain secara berlebihan, lalu beliau bersabda "Kalian telah binasa atau kalian telah memutuskan punggung seseorang" (HR.Bukhari 6060).

9. Pendusta adalah orang munafik
      Tanda-tanda orang munafik itu ada 3 yaitu ; 'jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari dan jika dipercaya ia khianat"  (HR.Bukhari:6095)

10. Jangan berbicara dengan menghina dan memburuk-burukkan diri sendiri
        "Jangan sekali-kali mengatakan diriku sangat buruk, aka tetapi hendaknya ia mengatakan diriku ada kekurangan." (HR.Bukhari :6180)

_____To be Cont____

0 komentar:

Posting Komentar