Family oriented and education oriented

Sabtu, 25 April 2015

Apa sukses terbesar dalam hidupmu?

22.54 Posted by Harna Nawir No comments
Kesuksesan merupakan pencapaian yang terukur,  bersifat relatif dan  merupakan konsekuensi  dari usaha. Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, namun untuk mencapai titik puncak sebuah kesuksesan tidak semudah memecahkan piring ataupun membalikkan kedua telapak tangan. Kesuksesan butuh perjuangan yang tidak main-main, kesuksesan adalah akibat dari sebuah sebab usaha. Akan menjadi hampa hidup seseorang  jika tidak memiliki cita-cita dalam hidupnya, tujuan yang tidak jelas dan arah kehidupannya terombang-ambing. Orang seperti ini bagaikan bola yang mengapung di atas lautan luas.
Cita-cita adalah langkah awal sebuah kesuksesan, apakah kita akan meneruskan cita-cita hingga meraih kesuksesan itu atau sebaliknya. Kesuksesan adalah sebuah pilihan yang jelas.  Jelas akan sukses ataukah jelas akan tidak sukses. Pengorbanan yang kita lakukan selama bertahun-tahun akan menjadi buah yang manis jika kita telah sampai pada puncak. Setiap orang memiliki ukuran kesuksesan yang berbeda dan tak ada sukses yang besar ataupun sukses yang kecil. Hanya saja pandangan orang lain terhadap kesuksesan orang lain, yang kadang membuat pandangan tersendiri bahwa kesuksesan yang diraih oleh orang tersebut hanyalah kesuksesan kecil atau bahkan memandangnya itu bukan sebuah kesuksesan. Contohnya, mahasiswa yang bercita-cita ingin meraih IPK 3,5 dan pada saat mahasiswa ini meraih IPK yang diinginkannya maka mahasiswa ini dibilang sukses. Namun, mahasiswa yang IPKnya melebihi dari mahasiswa tersebut akan memandang bahwa mahasiswa tersebut belum sukses.  Percepatan untuk meraih kesuksesan adalah bersyukur.
Ukuran kesuksesan hanya dapat ditentukan oleh orang yang ingin meraih kesuksesan tersebut, ada yang mematok kesuksesannya terletak pada cemerlangnya karir, harta,  dan kedudukan. Dan ada juga yang mematok pada kesederhanaan hidup, memiliki banyak anak, mengecap pendidikan yang tinggi dan bermanfaat bagi orang lain. Kembali lagi, bahwa kesuksesan adalah sebuah pilihan.  Yang patut kita garis bawahi adalah kesuksesan lahir setelah adanya usaha dan doa. Kadangkala kesuksesan tidak hanya berkaitan dengan materi namun berkaitan dengan kepuasan jiwa. Jiwa-jiwa yang puas akan kehidupannya akan merasa bahwa setiap titik kehidupan yang dia lewati adalah sebuah kesuksesan. Jangan membingkai kesuksesan anda hanya dari kacamata duniawi saja, karena kecil kemungkinan kesuksesan akhirat anda akan ikut. Baliklah presepsi tersebut, kejarlah kesuksesan akhirat anda maka jiwa-jiwa anda akan tenang dan kesuksesan duniawi akan mengikutinya. 
Ketika ditanya, apa sukses terbesar dalam hidupmu? Maka saya akan menjawab bahwa kesuksesan terbesar dalam hidupku terletak pada seberapa besarnya manfaat yang dapat saya berikan untuk orang lain. Memang terdengar klasik tapi rasa-rasanya, asas kebermanfaatan merupakan impian sebagian besar orang.  Kesuksesan terletak pada proses yang layak untuk diakui pada banyak orang bukan proses yang hanya akan menghantarkan kita pada keraguan akan kemampuan diri sendiri. Meraih kesuksesan dengan menghalalkan segala proses, maka idealnya yang diraih bukanlah sebuah kesuksesan justru kegagalan. Kehidupan adalah belajar, maka untuk meraih kesuksesan hidup teruslah belajar.
  

0 komentar:

Posting Komentar